Menyusuri Kecantikan Istana Maimun

Banyak yang bilang, belum ke Medan bila belum menikmati pesona Istana Maimun.

Istana Maimun sebuah bangunan yang sangat unik merupakan perpaduan arsitektur Moghul, Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda dan Melayu. Istana ini dibangun diatas tanah seluas 2.700 meter persegi dan didirikan sejak tahun 1888, Istana ini merupakan Pusat Pemerintahan Kesultanan Deli 100 tahun lalu.



Istana Maimun terdiri atas 3 ruang utama, yakni Bangunan Induk, Sayap Kanan dan Sayap Kiri. Bangunan Induk memiliki luas 420 meter digunakan untuk meletakkan singgasana kerajaan. Singgasana ersebut hingga kini masih pakai dalam acara-acara tertentu misalnya saat penobatan raja atau sembah sujud keluarga istana.




Yang paling unik dari istana ini adalah ruang pertemuan adat. Ruangan ini masih dipergunkan sampai sekarang untuk pertemuan dengan Sultan Deli. Masyarakat melayu menyebutnya Angkat Sembah Kepada Sultan. Perabotan dan bahan material istana ini di datangkan langsung dari Eropa lho... Namun sayang untuk menikmati keindahan istana ini kita perlu menempuh jarak yang cukup jauh. Sejam dari Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara atau 30 menit dari Bandara Polonia.

Ada yang mau coba kesana kawan???

No Response to "Menyusuri Kecantikan Istana Maimun"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes