Raksasa Berbelalai yang Rutin Periksa Gigi

Pusat Latihan Gajah ( PLG ) seblat dikenal seabgai salah satu tujuan wisata di Provinsi Bengkulu lokasi nya yang berada di tengah hutan dan suasana hutan tropis dengan udara nya yang sejuk menawarkan sensasi tersendiri. Lokasi PLG ini bisa dicapai dari berbagai arah, dari kota Bengkulu pengunjung harus menempuh 150 kilometer menuju Air Muring, Bengkulu Utara. Dari sana, ada tiga pintu masuk PLG seblat salah satu nya, melalui PT. Agricinal dengan jarak tempuh 20 kilometer ( sekitar sejam ).
Seperti namanya PLG seblat dimanfaatkan untuk melatih dan membantu pengembangbiakan gajah-gajah liar sumatera. Gajah-gajah liar itu hidup berkelompok. Kehidupan mereka beda dari 18 ekor gajah terlatih yang kini dimanfaatkan untuk patroli hutan.


Gajah-gajah terlatih itu dibagi menjadi dua kelompok, tujuh ekor ditempatkan di Bukit Kaba dan sebelas ekor lainnya di tempatkan di PLG seblat. Gajah-gajah pintar ini biasa dimanfaatkan oleh tim BKSDA untuk menertibkan perambah hutan yang mendirikan pondok-pondok di hutan lindung.
Tiap gajah disana di beri nama layak nya manusia. Seperti siswa sekolah dasar, kuku gajah ini juga rutin dipotong. Mereka pun menjalani cek kesehatan, termasuk pemeriksaan gigi.


Saat ini gajah-gajah di PLG seblat sudah menguasai 30 kepandaian. Yang terbaru mereka dilatih membuat gerakan untuk pemeriksaan medis. Misalnya, mengangkat kaki untuk pemotongan kuku atau mencabut duri dan membuka mulut agak lama untuk pemeriksaan gigi.

No Response to "Raksasa Berbelalai yang Rutin Periksa Gigi"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes